Bagi Masyarakat Uzbekistan, Radikalisasi Sering Dimulai Di Luar Negeri

Kisah makam ini berawal saat penguasa tertinggi Uni Soviet, Nikita Khrushchev mengundang Bung Karno untuk mengunjungi Moskow pada tahun 1961. Saat itu Bung Karno meminta pemerintah Soviet agar mencari makam Al Bukhari di Uzbekistan dan ketemu. Khiva memiliki arsitektural bergaya Timur Tengah. Dinding-dinding kota yang kuno tidak terkesan angker, namun terkesan antik.

https://www.hayatuntour.com/paket/rihlah-peradaban-rusia-uzbekistan-kazan-chechnya-15d/ – Pernah suatu hari saya menyapa orang di pasar, “Assalamualaikum! ” Dikiranya Assalamualaikum adalah ‘halo’-nya bahasa Uzbek. Dengan adanya kekayaan budaya yang tak ternilai di Uzbekistan, pada tahun 1993 UNWTO(UN World Tourism Organization) melancarkan proyek jangka panjang untuk mempromosikan Silk Road sebagai konsep wisata dunia.

Kota-kota yang unik dan menarik bisa dengan mudah ditemukan di tempat satu ini. Disini juga terdapat pasar yang menyajikan berbagai macam barang hingga jajanan yang membuat kalian terrgiur untuk membelinya. Sesampai di atas, dari balik jendela terbuka, pemandangan kota Bukhara bisa dilihat 360 derajat. Saya mengabadikan atap-atap Masjid Kalon, Madrasah Mir-Arab hingga Benteng Ark.

Karya seni tersebut dikumpulkan oleh seorang kurator dari Karakalpakstan State Museum of Art di Sixties. Madrasah Mir-Arab sebagai tempat menimba ilmu bagi pelajar yang berasal dari Uzbekistan maupun negara lain saat itu, sementara masjid Kalyan jadi tempat ibadah. Saya masuk ke dalam restoran masakan lokal untuk mengisi “amunisi” siang. Pilihan saya jatuh pada restoran Chinar yang begitu menarik perhatian.

Dari kejauhan sudah terdengar musik tradisional Uzbekistan dari dalam restoran, meski dari pelantang suara yang tergolong cempreng. Di pintu depannya ditempel bermacam stiker sertifikat penghargaan terbaik dari ulasan travel ternama, seolah pertanda tak perlu banyak pertimbangan untuk menikmati santapan di sana. Namun keterlibatan dan minat AS di negara-negara bekas Uni Soviet di Asia Tengah relatif sedang. Pada tahun 2014, AS mengosongkan pusat transit Manas di Kyrgyzstan—pangkalan militer terakhirnya di Asia Tengah—saat operasi tempur di Afghanistan ditutup. Kyrgyzstan, untuk menyenangkan mantan penguasa kekaisaran Rusia, telah mendukung pengusiran AS di parlemen.

Negara-negara baru ini ingin melepaskan kungkungan masa lalu mereka bersama Rusia, ingin membangun jati diri negara muda Asia Tengah. Niatan membentuk nasionalisme dimulai dengan pembedaan identitas, membedakan diri dengan Moscow, membedakan diri dengan negara-negara tetangga. Dengan masuknya Islam, kata-kata bahasa Arab pun memperkaya kosa kata bahasa Uzbek.

Uzbekistan merdeka dari kekuasaan Rusia pada tanggal 31 Agustus 1991. Sejak saat itu, bangsa Tajik ini mulai mengurangi pengaruh Rusia yang sudah larut di masyaratkat. Sedikit demi sedikit nilai-nilai islami dimunculkan. Namun karena sudah begitu lama, orang-orang Uzbek pun sudah lupa akan Islam. Secara ideologis, penggantian huruf Rusia ke huruf Latin punya makna nasionalisme yang dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *