Meningkatnya Harga Gula Pasir

Harga gula terus naik sejak awal Februari 2020. Hanya hari ini, menurut Pusat Informasi Harga Makanan Strategis Nasional (PIHPSN), harganya sama dengan 15.650 rupee per kilogram. Menurut Jakarta Food Info, harga gula transparan adalah Rp. 15395 / kg. Bahkan, harga referensi yang ditentukan dalam No. 7 Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) untuk tahun 2020 adalah Rp12.500 / kg.
Menurut Yadi Yusriyadi, ahli dari Asosiasi Gula Indonesia (AGI), pasokan gula kristal putih (GKP) atau gula siap makan mulai berkurang. Akibatnya, harga-harga telah naik karena pengembalian pasokan dan penggantian permintaan.

“Ya, stoknya hampir habis. Jika kamu suka, kamu kekurangan toko, supermarket modern hampir kosong. Harganya juga Rs. 14000-16000 / kg. Jadi kupikir ada gudang senjata kecil.” Yadi kepada AFP, Jumat (6/3/2020).

Bahkan, AGI memperkirakan bahwa akan ada kekurangan atau defisit dalam GKP pada tahun 2020. Dia mengumumkan bahwa stok GKP diperkirakan hanya mencapai 1,08 juta ton pada awal 2020 dan kemudian akan menghasilkan 2,05 juta ton. Estimasi AGI untuk konsumsi domestik GKP pada tahun 2020 adalah sekitar 3,16 juta ton. Akibatnya, ada kekurangan atau kekurangan pasokan hingga 29.000 ton.

Selain itu, banyak orang curiga bahwa berita tentang penimbunan GKP bertindak sebagai katalis untuk harga yang lebih tinggi. Hal ini dikemukakan oleh Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Sohantou.

“Apa yang terjadi adalah bahwa beberapa kecelakaan komersial yang tidak bertanggung jawab untuk menyimpan produk mereka adalah karena harapan mereka bahwa kurangnya bahan di lapangan akan menyebabkan harga lebih tinggi, dan ternyata harga akan efektif bagi mereka untuk benar-benar bersinar.”

Untuk meningkatkan pengiriman dan mengendalikan harga, pemerintah mengeluarkan surat izin impor (SPI) untuk 438.802 ton gula kristal mentah. Tunggu, gula kristal akan dikirim ke GKP.

Selain langkah-langkah ini, Suhanto juga akan meminta importir gula. Importir diminta untuk segera memasok sisa pasokan gula.

“Hari ini kita akan mengadakan pertemuan dengan pelaku ekonomi. Aku pikir mereka sekarang gula putih. Setelah memberikan izin impor, aku akan membawa mereka ke hatimu dengan manajer umum perdagangan luar negeri hari ini. Harga penjualan sesuai referensi.” Dia selesai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *